Android Root Gak Ya, Bingung? Ini 10 Alasan Wajib Lakukan Itu

Advertisement

Root Android - Semua pasti memahami jika memutuskan root Android memiliki sejumlah impact. Satu yang pasti, jika perangkat masih garansi, maka tindakan ini akan menyebabkan avoid "perlindungan" purna jual tersebut. Nah bagi kamu yang masih bimbang untuk memutuskan root atau tidak root perangkat Android, kami sajikan 10 alasan mengapa kamu wajib melakukan rooting ke perangkat Android kamu.

apa manfaat rooting Android

Pasti kamu sudah mengetahui jika aksi rooting dilakukan untuk memberikan akses "lebih" ke pemilik perangkat laiknya sebuah admin. Dengan "kekuasaan" tinggi itu, mereka bisa melakukan apa saja ke perangkat yang hanya bisa "diutak-atik" bilamana aksi rooting telah dilakukan.

Aksi root sendiri merupakan setidaknya sebuah "syarat" jika ingin melakukan sesuatu yang sejatinya tidak "diperbolehkan" di perangkat Android yang masih murni. Namun, dengan aksi rooting kamu juga bisa melakukan sejumlah hal ke perangkat yang ini tidak bisa dipraktikkan di perangkat yang non rooting. Dan inilah 10 alasan wajib kenapa kamu wajib melakukan rooting ke perangkat Android kamu.

1. Buang Bloatware

Dengan aksi rooting memungkinkan kamu untuk membuat atau delete aplikasi bloatware atau bawaaan yang tertanan di perangkat kamu. Contoh sebut saja di perangkat Zenfone yang memang membawa segerbong aplikasi bloatware. Sedianya aplikasi ini bisa "dihilangkan" tepatnya kamu sembunyikan - namun bukan di-delete atau uninstall.

2. DNS Server

Terkadang ada keinginan untuk mengubah DNS Server untuk sejumlah kepentingan. Namun hal itu juga memerlukan aplikasi pihak ketiga agar bisa melakukan setting. Dan tahukah kamu, aplikasi pihak ketiga itu membutuhkan aksi rooting agar bisa bekerja dengan maksimal.

3. Cadangkan & Kembalikan

Pernah mendengar aplikasi yang bernama Titanium Backup? Aplikasi ini sangat powerfull dan memiliki segudang fitur. Salah satunya untuk mencadangkan dan mengembalikan data. Namun, Titanium Backup hanya bisa bekerja di perangkat yang telah di-rooting. Ini salah satu pertimbangan mengapa kamu perlu me-root perangkat.

4. Akses Tingkat Rendah

Proses pencolokan USB Stick ke perangkat tablet atau smartphone membutuhkan akses tingkat rendah. Ini berarti kamu perlu akses root bilamana ingin mengakses data melalui non memori penyimpanan perangkat.

5. Kontrol Aplikasi

Dengan perangkat yang telah "tidak murni" kamu bisa mengontrol akses aplikasi yang dibutuhkan. Misalkan saja aplikasi Facebook bisa kamu pilah dan pilih permisi akses yang bisa kamu izinkan untuk digunakan di aplikasi tersebut.

6. Akses Hardware

Di perangkat Nexus 4 pengguna bisa memasang Touch Control untuk menyalakan ponsel mereka dibanding memakai tombol power. Ini bisa dilakukan karena custom Linux Kernel yang dimungkinkan dalam akses fitur pada level kernel.

7. Blokir

Kamu jengkel dengan iklan? Dengan perangkat yang telah kamu root kamu bisa memblokirnya dengan memasang aplikasi tertentu yang sangat ampuh dalam meniadakan iklan-iklan yang ada di perangkat Android, baik itu di browser maupun aplikasi atau game melalui tingkat sistem.

8. Apple AirPlay

Bagi pengguna iOS, dengan aplikasi AirAudio menjadikan perangkat Android dan AirPlay bisa kompatibel. Singkatnya, aplikasi AirAudio membutuhkan akses root agar bisa diizinkan untuk menangkap sinyal dari aplikasi lain sebab Android tidak mengizinkan itu.

9. Tasker

Dengan Tasker kamu bisa mengotomatis segalanya dan sangat membuat waktu sangat efisien. Namun untuk menikmati segala faedah dari aplikasi ini ada satu hal wajib yang perlu kamu lakukan, root Android kamu terlebih dahulu.

10. Akses Berkas

Memang ada banyak aplikasi file manager yang bertebaran di Google Play Store. Namun dengan akses root maka kamu bisa membuka berkas-berkas di file manager (di aplikasi tertentu) yang tidak bisa dibuka di perangkat yang tidak memiliki akses root.

Sedianya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan jika telah lakukan rooting perangkat. Bagi yang suka oprak-oprek Android, root merupakan hal wajib, sebut saja bagi mereka yang gemar gonta-ganti ROM. Apakah perangkat Android kamu telah di-root atau belum, share dengan kami di kotak komentar. Punya tips Android lain? Berbagilah pula bersam kami.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Android Root Gak Ya, Bingung? Ini 10 Alasan Wajib Lakukan Itu

Advertisement

0 komentar:

Post a Comment