Wilbur Scoville Siapa Dia? Adalah Tokoh di Doodle Hari Ini, Mengapa Google Menampilkannya?

Advertisement

Wilbur Scoville siapa dia? Singkatnya, hari ini, Jumat, 22 Januari adalah hari ulang tahun Wilbur Scoville ke-151. Nama Wilbur Scoville mungkin sangat asing di telinga orang awam. Namun, kamu pasti tidak menduga jika sosok Wilbur Scoville sangat erat dengan cabai! Mengapa lombok yang notabane makanan super pedas itu ada kaitannya dengan Wilbur Scoville?

hari ulang tahun Wilbur Scoville ke-151
22 Januari 2016, hari ulang tahun Wilbur Scoville ke-151.

Adalah Skala Scoville yang mewakilkan ukuran tentang pedasnya cabai. Pendek kata, skala tersebut menjadi indikator atau menunjukkan jumlah satuan pedas Scoville atau SHU. Nah dikemudian hari, banyak sambal yang menampilkan peringkat Scoville sebagai daya jual produk mereka dalam iklan sebagai pemantik beli konsumen.

Pada tahun 1912 lewat Teori Organoleptic Scoville, Wilbur Scoville melakukan studi tentang hal tersebut. Di rancangan aslinya, air gula dicampur dengan ekstrak cabai sehingga rasa pedas tidak lagi terdeteksi panel penguji yang umumnya terdiri dari lima orang.

Dari tingkat percampuran ini akhirnya menghadirkan ukuran bagi skala Scoville. Tahukah kamu jika Wilbur Scoville menciptakan skala “pedas” itu saat bekerja di perusahaan farmasi Parke-Davis. Scoville lahir di Bridgeport, Connecticut, dan menikah dengan Cora B. Upham pada 1 September 1891 di Wollaston, Quincy, Massachusetts.

Wilbur Scoville
Wilbur Scoville, pencetus Skala Scoville.

Keluarga bahagia ini dikaruniai dua anak, Amy Augusta, lahir 21 Agustus 1892 dan Ruth Upham, lahir 21 Oktober 1897. Scoville menulis The Art of Compounding, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1895 dan telah melalui setidaknya 8 edisi. Buku itu digunakan sebagai referensi farmakologis sampai tahun 1960-an.

Scoville juga menulis Extract and Perfumes, yang berisi ratusan formulasi. Untuk sementara waktu dia menjadi profesor di Massachusetts College of Pharmacy dan Ilmu Kesehatan. Pada tahun 1922, Scoville memenangkan hadiah Ebert dari Asosiasi Farmasi Amerika dan pada tahun 1929 ia menerima Remington Honor Medal.

Scoville juga menerima gelar kehormatan Doctor of Science dari Universitas Columbia pada tahun 1929. Pada 22 Januari 2016 mesin pencari Google menerbitkan Google Doodle interaktif untuk menghormati Scoville. Beliau meninggal pada 10 Maret 1942. Selamat ulang tahun Wilbur Scoville.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Wilbur Scoville Siapa Dia? Adalah Tokoh di Doodle Hari Ini, Mengapa Google Menampilkannya?

Advertisement

1 komentar: