Perkembangan Android, Ulasan Singkat Pengertian & Jenis Jenis Android

Advertisement

Perkembangan AndroidApa itu Android? Pengertian Android adalah sebuah sistem operasi atau OS yang berdasar pada Linux dan didesain atau dirancang untuk perangkat layar sentuh, misalkan saja tablet atau ponsel pintar. Android pada awal mulanya muncul karena dikembangkan oleh Android, Inc yang menerima suppot finansial sepenuhnya dari Google. Pada tahun 2005 Google membelinya.

Perkembangan Android

Pada tahun 2007 adalah awal mula perkembangan Android. Pada masa itu, OS tersebut diluncurkan yang dibarengi dengan pendirian Open Handset Alliance, merupakan konsorsium dari sejumlah perusahaan piranti lunak serta keras dan telekomunikasi. Tujuannya, aliansi ini ingin memajukan standarisasi terbuka perangkat Android.

Perkembangan Android

Apa itu Android telah terjawab, perkembangan Android selanjutnya terkait bagaimana teknologinya. Android mengadopsi tindakan manusia laiknya di dunia nyata, seperti aktivitas mengetuk, mencubit, menggesek, serta menggaruk. Kesemuanya ini hadir lewat aktivitas “manipulasi” di bagian layar Android. Di bawah Lisensi Apache, Google membuat Android menjadi sistem operasi terbuka. Ini memungkinkan perangkat lunak memodifikasinya termasuk pendistribusiannya.

Perkembangan Android selanjutnya, sistem operasi ini didukung adanya komunitas pengembang aplikasi yang kian meningkatkan fungsionalitas perangkat. Kostumisasi aplikasi ini ditulis secara umum dalam bahasa pemrograman Java. Oktober 2012, ada sekitar 600.000 koleksi aplikasi di toko aplikasi Android yang kemudian dikenal dengan nama Google Play Store

Jenis Jenis Android

Perkembangan Android telah dijelaskan di awal temasuk apa itu Android dan pengertian Android. Lantas bagaimana dengan jenis jenis Android? Karena ini adalah sebuah OS atau sistem operasi, maka untuk jenis jenis Android adalah macam macam OS Android yang telah dilepas. Berikut daftar selengkapnya dari awal hingga terkini:
  1. Froyo (2.2, 20) diperkenalkan pada Mei 2010
  2. Gingerbread (2.3.3 – 2.3.7) diperkenalkan pada 9 Februari 2011
  3. Ice Cream Sandwich (4.0.3 – 4.0.4) diperkenalkan pada 16 Desember 2011
  4. Jelly Bean (4.1.x – 4.3.x) diperkenalkan pada 9 Juli 2012
  5. Kitkat (4.4.0 – 4.4.4) diperkenalkan pada 31 Oktpber 2013
  6. Lollipop (5.0.0 – 5.0.2) diperkenalkan pada 2 November 2014
Apabila berbicara tentang jenis jenis Android terkait perangkat, maka jumlahnya akan sangat banyak. Kini hampir semua vendor ponsel memakai OS Android. Dari produsen ponsel lokal hingga global. Padahal, dari satu produsen saja bisa menelurkan banyak sekali produk. Mulai ponsel Android flagship atau premium (mahal) hingga ponsel Android murah. Jadi, jenis jenis Android apabila dikaitkan dengan ponsel maka cakupannya akan sangat luas sekali.

Ponsel Android Murah

Menarik kemudian tidak hanya melihat pengertian Android saja namun bagaimana perkembangan Android dari perangkat yang diproduksi produsen ponsel. Karena ada harga ada rupa, maka ponsel dengan harga selangi umumnya memiliki spesifikasi sangat tinggi. Bagaimana dengan ponsel Android murah? Jangan menyepelekan kategori di jenis ponsel ini.

Google memiliki satu project yang bernama Android One. Ada yang menyebut jika Android One adalah Nexus versi murah. Sebab, dengan Android One pengguna bisa mencicipi 100% pengalaman di perangkat dengan rasa Android murni. Bedanya, jika Nexus mahal maka Android adalah ponsel Android murah. Tatkala masuk ke Indonesia, Android One yang diwakili Mito, Nexian, dan Evercoss sangat populer dan menjadi salah satu bintang di jajaran ponsel Android murah Tanah Air.

Dan sekian ulasan singkat tentang perkembangan Android mulai apa itu Android dan jenis jenis Android hingga ponsel Android murah. Bagi mereka pengguna Android dan masih “buta” dengan sejarahnya, tidak ada salahnya untuk membaca sejenak apa dan bagaimana tentang asal mula OS “robot ijo” dalam satu artikel singkat tentang perkembangan Android.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perkembangan Android, Ulasan Singkat Pengertian & Jenis Jenis Android

Advertisement

0 komentar:

Post a Comment