Cara Hemat Konsumsi Baterai Nexian Journey 1 Android One

Advertisement

Sobatandroid.com – Bagaimana cara hemat konsumsi baterai Nexian Journey 1 Android One? Baterai adalah satu faktor paling penting dalam kelangsungan smartphone. Bisa dikatakan sebuah “nyawa,” sebagus apapun ponsel pintar terkait spesifikasi, jika baterainya lemah, maka segala keunggulan smartphone itu bakal sia-sia.

Nexian Journey 1 adalah seri Android One pertama Indonesia yang dilepas di Indonesia bersama Mito dan Evercoss. Perangkat ini memiliki baterai dengan kapasitas 1.700 mAh. Dalam pemakaian normal, sedianya baterai perangkat ini cukup mumuni. Bisa menemani aktivitas kamu ya kurang lebih selama delapan jam.

Cukup sepadan karena memang Nexian Journey 1 hanya dibekali kapasitas baterai tidak sampai 2.000 mAh. Lain ceritanya dengan Zenfone 6 yang disematkan kapasitas baterai lebih dari 3.000 mAh, yang tentu saja bisa menemai aktivitas harian kamu hampir seharian penuh.

Cara Hemat Konsumsi Baterai Nexian Journey 1 Android One

Ketika baterai melemah, atau sebelum melemah, kamu bisa “memperpanjang” usia sebelum baterai Nexian Journey 1 mendekati “ajal.” Cara hemat baterai di perangkat ini dengan memanfaatkan fitur bateery saver yang ada di menu setting.

Battery Saver

Fitur ini sedianya mematikan segala aspek penting perangkat mulai animasi, display, dan yang paling krusial data. Tapi, untuk data sejatinya tidak benar-benar dimatikan namun hanya off jika tidak sedang digunakan. Misalkan saja jika ada pesan baru WhatsApp, kamu tidak akan menjumpai notifikasinya.

Namun, ketika kamu membuka aplikasi WhatsApp maka semua pesan akan tertampil. Ini juga berlaku untuk aplikasi lain. Nah, fitur ini biasanya wajib kudu kamu aktifkan jika Nexian Journey 1 sudah menampilkan kapasitas baterai tinggal 15 persen saja.

Sebab, jika tidak diaktifkan, kapasitas 15% akan cepat habis terkuras dalam hitungan menit. Ketika fitur battery saver diaktifkan, perangkat bisa mampu bertahan hingga 90 menit. Kami pernah mempraktekkannya dan cukup takjub dengan performa fitur ini.

Cara Mengaktifkan Battery Saver
  1. Buka Setting dan masuk ke menu Battery.
  2. Di pojok kanan atas tap menu lanjutan dan kemudian pilih Battery Saver.
  3. Tap On untuk mengaktifkan.
Selengkapnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Hemat Konsumsi Baterai Nexian Journey 1 Android One

Ketika Battery Saver aktif maka akan ada yang beda dengan UI Nexian Journey 1 kamu. Pada status bar dan navigasi bar akan berubah warna menjadi oranye. Dan di status bar akan muncul ikon dua baterai di kanan dan kiri (Baterry Saver). Jika kamu menarik status bar maka akan menjumpai notifikasi bila Battery Saver diaktifkan.

Cara Hemat Konsumsi Baterai Nexian Journey 1 Android One

Tips Hemat Konsumsi Baterai

Lantas bagaimana cara hemat konsumsi baterai Android One paling murah ini? Sedianya cukup sederhana. Kamu tinggal aktifkan saja fitur battery saver namun bukan saat perangkat menampilkan notifikasi baterai lemah di prosentase 15%, melainkan sebelumnya. Misalkan saja ketika baterai tinggal 20% atau 30 persen.

 Nexian Journey One

Dengan demikian baterai Nexian Journey 1 akan bisa bertahan lebih lama meski ada yang ditumbalkan yakni pemberitahuan: notifikasi email, chatting, Facebook, Twitter, dan lainnya. Tapi, ada hikmah dari aksi ini. Waktu “bernafas” Android One kamu jauh lebih lama terlebih jika kamu lagi di luar ruangan atau outdoor.

Apalagi, jika kamu tidak membawa charger portabel alias powerbank. Cukup menyesakkan jika dalam kondisi demikian. Itu saja cara hemat konsumsi baterai Nexian Journey 1 Android One. Semoga bisa membantu kamu yang kebetulan pernah menghadapi persoalan tersebut.

Ulasan terkait yang kami sarankan untuk kamu baca:

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Hemat Konsumsi Baterai Nexian Journey 1 Android One

Advertisement