Cara Screen Record & Screen Video di Android ASUS Zenfone

Advertisement

SobatAndroid.com – Bagaimana cara screen record atau screen video di Android ASUS Zenfone? Ulasan ini sedianya adalah bentuk kefrustasian satu writer kami yang tidak – tepatnya belum – menemukan cara screen record atau screen video di Android. Di Google Play Store sedianya banyak aplikasi yang menawarkan cara itu. Namun setelah dicoba satu demi satu nihil.

Entah apa penyebabnya namun ada yang menyebut jika screen video hanya bisa dilakukan di perangkat Lollipop. Sedianya ada satu cara yakni menggunakan aplikasi yang bernama Mobizen [Baca: Cara Mirroring Android ke Komputer, PC, Laptop, Notebook & Netbook untuk ASUS Zenfone 6]. Namun, sebelum mencoba aplikasi itu, kami menemukan cara lain yang lebih praktis untuk cara screen record atau screen video di Android ASUS Zenfone lewat aplikasi salah satu modul dari Xposed yang bernama GravityBox.

Screen Video?

Screen video atau screen record sedianya tak ada ubahnya dengan screenshot atau screen capture atau dalam Bahasa Indonesia kerap disebut tangkap gambar. Jika menangkap gambar berupa gambar saja, di screen record kita bisa menangkap video. Artinya, segala aktivitas di perangkat bisa direkam atau diabadikan dalam wujud video bukan hanya gambar.

Cara Screen Record & Screen Video di Android Zenfone
Gambar 1 / Gambar 2 / Gambar 3 
(Setting screen record untuk GravityBox)

Tips cara screen record atau screen video di Android ASUS Zenfone ini cukup bermanfaat bagi mereka yang gemar memberikan dan membagikan informasi tutorial, panduan, atau how to di seputar perangkat Android. Jika hanya tangkap gambar, mungkin perlu banyak gambar untuk menjelaskan proses tutorial atau how to yang sedang dijelaskan. Dengan screen video, cukup satu capture yang bisa berbicara lebih banyak dibanding satu dua gambar atau belasan gambar.

Manfaatkan GravityBox

Tips cara screen record atau screen video di Android ASUS Zenfone memanfaatkan satu modul dari Xposed yang bernama GravityBox. Bagi Anda yang sudah pernah mencoba modul ini, tentu tidak akan kesulitan dalam mengaplikasikannya [Baca: Cara Menambahkan Navigation Bar Android Lollipop ke ASUS Zenfone 6 dengan GravityBox]. Berikut cara “menanamkan” dan mengaktifkan GravityBox sebelum masuk ke cara screen record atau screen video di Android ASUS Zenfone.
  1. Pastikan perangkat ASUS Zenfone dalam kondisi root. Pastikan pula sudah mengunduh Xposed Installer (unduh di sini) dan modulnya yang bernama GravityBox untuk KitKat (unduh di sini).
  2. Buka aplikasi Xposed lalu tap “Framework” dan pilih “Install/Updates” lalu perangkat akan reboot.
  3. Setelah menyala, buka kembali aplikasi Xposed pilih “Module” dan centang “GravityBox.”
  4. Kembali ke laman utama aplikasi Xposed, pilih “Framework” dan tap “soft reboot” lalu perangkat akan reboot.
Cara Screen Record di Android Zenfone

Setelah semua langkah di atas sudah dilakukan, baru kita bisa masuk ke tips cara screen record atau screen video di Android ASUS Zenfone yakni sebagai berikut.
  1. Buka aplikasi GravityBox lalu masuk ke menu “Power Tweaks.”
  2. Di menu itu kemudian centang opsi “Screen record in power menu.” [lihat Gambar 1]
  3. Kemudian, kembali ke laman utama aplikasi GravityBox, masuk ke menu “Screen Recording.”
  4. Di menu itu, centang opsi “Use stock binary,” dan di opsi “Video Size” serta “Video Bitrate” Anda bisa pilih suka-suka termasuk opsi “Rotare picture.” [lihat Gambar 2]
  5. Setting fitur ini tidak membutuhkan proses reboot dan bisa langsung dicoba.

Cara Screen Record & Screen Video di Android Zenfone
Gambar 4 / Gambar 5 / Gambar 6
(Memulai screen record)

Lantas, bagaimana cara untuk memulai screen recording? Berikut panduannya:
  1. Tekan agak lama tombol power hingga muncul menu dan pilih opsi “Screen record.” [lihat Gambar 3]
  2. Perangkat akan secara otomatis merekam setelah opsi itu di-tap yang ditandai dengan gambar ikon kamera di pojok kanan atas. [lihat Gambar 4]
  3. Jika kami tidak salah mengartikan penjelasan di GravityBox, aksi screen record ini mampu merekam video selama tiga menit.
  4. Untuk mengentikan proses screen record, tarik ke bawah status bar, perhatikan status “Recording Screen,” tarik status itu hingga muncul opsi “Stop” dan “Toggle Pointer.” Pilih opsi “Stop” untuk menghentikan proses screen record. [lihat Gambar 5]
  5. Di mana video hasil screen record disimpan? Anda bisa menjumpainya di Galery di folder “Screenrecord.” [lihat Gambar 6]
Kami telah mencoba tips cara screen record atau screen video di Android ASUS Zenfone dan memang-memang bekerja dengan baik. Sebagai buktinya, berikut satu video Youtube yang kami unggah tatkala menjajal cara screen record atau screen video di Android ASUS Zenfone melalui GravityBox.


Demikian tips cara screen record atau screen video di Android ASUS Zenfone hari ini semoga bisa membantu Anda yang saat ini sedang mencari tutorial tentang itu. Selamat mencoba. Ohya, jangan lupa untuk Follow my blog with Bloglovin. Thank You!

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Screen Record & Screen Video di Android ASUS Zenfone

Advertisement