Cara Dual Apps di ASUS Zenfone

Advertisement

Sobatandroid.com – Bagaimana cara dual apps di ASUS Zenfone? Beberapa hari lalu, kami menemukan satu modul Xposed yang bernama Super POXy. Modul ini hadir hanya untuk keluarga Zenfone series.

Yang buat kami sumringah, modul ini bisa “menghidupkan” fitur tersembunyi di dalam perangkat Zenfone. Sebut saja dual apps yang konon katanya “disembunyikan.” Menu itu hadir di quick setting atau jika kamu menarik ke bawah status bar semestinya ada ikon “Dual Apps.” Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Dual Apps di ASUS Zenfone
Ikon Dual Apps semestinya nongol di quick setting.

Nah, ini tentu menarik. Sebab, dengan dual apps maka kita bisa menjalankan dua aplikasi di satu layar. Ini seperti kemampuan di ponsel keluarga LG G3 series atau di ponsel Samsung Galaxy S/Note/Alpha dll. Apakah dengan module Xposed Super POXy itu bisa terwujud? Sabar.

Sebelum melanjutkan, jika kamu tertarik mencoba maka peru diingat jika tips cara dual apps di ASUS Zenfone ini hanya berlaku di perangkat yang sudah di-root dan terinstal Xposed Frameworks serta modulnya Super POXy. Jadi, siapkan dahulu segalanya.

Untuk Xposed Frameworks kamu bisa unduh di sini. Untuk modulnya, Super POXy kamu bisa unduh di sini. Untuk root perangkat Zenfone, kami tidak merekomendasikan caranya. Sebab, cara root Zenfone terus berubah seiring dengan pemutakhiran system updates. Jadi, kami pun was-was jika harus mengintruksikan.

Jika Xposed telah terinstal, maka silakan dibuka. Masuk ke Frameworks kemudian tap Install/Updates dan perangkat akan reboot. Setelah menyala, buka kembali aplikasi Xposed dan centang Super POXy. Masuk kembali ke Frameworks lalu tap soft reboot.

Setelah perangkan reboot dan menyala, buka aplikasi Super POXy. Gulir ke bawah dan kamu akan menjumpai sejumlah menu salah satunya yakni di bawah ini.

Cara Dual Apps di ASUS Zenfone
Super POXy mampu menampilkan fitur tersembunyi Zenfone.

Perhatikan gambar di atas. Di menu SOME STUFFS ada teks bertuliskan Zenfone Quicksetting Secreats. Di bawahnya tertulis jika pengembang menambahkan beberapa quick setting yang disembunyikan ASUS di Zen UI.

Jangan sumringah dulu. Teks tersebut berlanjut, mungkin ada beberapa fungsi yang tidak bekerja. Kami langsung down. Kemudian kami tarik status bar Zenfone dan memang muncul ikon Dual Apps. Kami tap sehingga ikon itu menyala (berubah warna), namun tatkala dicoba tidak bisa bekerja. Perhatikan gambar di bawah ini bagaimana dual apps ASUS Zenfone bekerja.

Cara Dual Apps di ASUS Zenfone
Cara fitur dual apps bekerja.

Dari gambar di atas, cara dual apps bekerja yakni dengan mengaktifkannya dari quick setting (tarik status bar ke bawah) lalu tap tombol recent apps serta agak sedikit menahannya dan tarik ke atas atau ke bawah.

Dengan demikian satu layar bisa memuat dua aplikasi. Selengkapnya kamu bisa dilhat di video Youtube pada tautan berikut.

Lantas, apa yang terjadi dengan Zenfone kami yang diujicoba? Satu jawabnya, gatot alias gagal total. Dual apps tidak bekerja dan bila agak ditekan satu aplikasi terpilih di recent app, maka yang nongol malah App Info dan Remove Form List. Apes!

Cara Dual Apps di ASUS Zenfone
Saat recent apps di-tap dan tahan, malah nongol App Info dan Remove From List!

Anda kecewa? Kami juga. Sejuta harapan bisa mencicipi fitur dual apps sia-sia dan sirna belaka. Herannya, mengapa di video Youtube ada yang sukses. Apakah versi Zenfone yang ada di video itu dan Zenfone di Indonesia berbeda? Apakah itu Zenfone “super,” entahlah.

Demikian tips cara dual apps di ASUS Zenfone yang mungkin bisa mengurangi rasa penasaran Anda. Jika tidak membantu, kami mohon maaf. Namun, memang demikian adanya dan kami telah berupaya untuk menjawab pertanyaan tentang cara dual apps di ASUS Zenfone yang mungkin selama ini membuat penasaran mereka pengguna perangkat tersebut.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Dual Apps di ASUS Zenfone

Advertisement