Cara Menghemat RAM Android untuk ASUS Zenfone 6

Advertisement

Harga Hp Android – Bagaimana cara menghemat RAM ASUS Zenfone 6? Cara menghemat RAM Android telah banyak dikupas.

Apakah RAM ASUS Zenfone 6 perlu pula dihemat? Perangkat ini memiliki kapasitas 2GB RAM. Angka yang cukup besar dan muncul pertanyaan, mengapa harus dihemat jika memang RAM-nya sangat besar?

Menurut pengalaman saya setelah memakai ASUS Zenfone 6 kurang lebih selama enam bulan, dengan RAM 2GB, perangkat ini cukup powerfull.

Tidak ada persoalan berarti terkait RAM, main game HD, buka banyak aplikasi, nonton video HD, dan melakukan segala hal masih bisa dilakukan normal dan semua baik-baik saja [Baca: Cara Mengubah Warna Status Bar Zenfone 6 Menjadi Transparan]. Bagaimana cara menghemat RAM ASUS Zenfone 6?

Cara Menghemat RAM Android
Aplikasi BootManager, Greenify, dan CCleaner.

Namun, jika persoalan “hemat RAM” muncul, tidak ada salahnya mencoba tips ini. Bisa pula dipraktikkan ke perangkat lain atau bukan ASUS Zenfone 6. Dari pengalaman saya, ada tiga aplikasi yang cukup powerfull untuk menghemat RAM. Pertama yakni BootManager, Greenify, dan CCleaner. Aplikasi terkahir mirip Clean Master. Tapi saya lebih percaya CClenaer dengan pengalaman mumpuni di ranah komputer.

BootManager

Aplikasi ini pernah dikupas sebelumnya. Fungsi utamanya untuk mencegah aplikasi startup atau “berjalan” saat perangkat menyala. Untuk setting dan hal-hal terkait lainnya, bisa Anda baca di ulasan yang pernah dikupas lengkap sebelumnya [Baca: Cara Mencegah Aplikasi Android Startup di ASUS Zenfone 6].

Greenify

Fungsi aplikasi ini untuk “menidurkan” aplikasi berjalan agar tidak “bangun” kembali. Berbeda dengan BootManager, aplikasi itu “menidurkan” aplikasi terpilih agar tidak berjalan atau startup atau ponsel menyala.

Namun jika aplikasi terpilih dibuka kembali ya “bangun” lagi. Dengan Greenify, satu tap saja atau saat ASUS Zenfone 6 sleep, semua aplikasi terpilih bakal akan “tidur” selamanya. Kecuali Anda “bangunkan” kembali. Di lain waktu akan saya kupas total aplikasi Greenify. Unduh gratis di sini.

CCleaner

Aplikasi ini mampu menghapus emua data-data “sampah” yang menggunung di ASUS Zenfone 6. Sebut saja cache yang memakan space memori. Aplikasi ini juga punya fitur tasking yang bisa “membunuh” aplikasi yang berjalan. Ini jadi satu fungsi hemat RAM untuk mengeksekusi “mati” aplikasi yang sedang “menyala.” Di lain waktu akan saya kupas tuntas tentang aplikasi ini. Unduh CCleaner di sini.

Nah itulah tiga aplikasi yang sepengetahuan saya cukup membantu dalam cara menghemat RAM Android di ASUS Zenfone 6. Semoga membantu bagi Anda yang merasa perangkatnya mulai lemot. Ini tidak bisa diaplikasikan hanya pada ASUS Zenfone 6 saja. Selamat mencoba [Baca: 10 Icon Pack Gratis untuk ASUS Launcher di Zenfone 6].

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghemat RAM Android untuk ASUS Zenfone 6

Advertisement